Balai Saji | Prasmanan Gratis | Semua Boleh Makan
Bu Anna memastikan semua makanannya tersaji dan berkualitas

We need them, not they need us.
K
ami yang butuh mereka,
bukan mereka yang butuh kami.

Kata-kata itulah yang ditekankan oleh Bu Anna alias Nirwana Tawil saat membuka Balai Saji ke-17 di Antapani Bandung. Kata-kata yang begitu masuk ke dalam lubuk hati karena memang pada dasarnya orang kaya itu ada karena keberadaan orang miskin. Ada perbandingan yang membuat seseorang bisa disebut sebagai orang kaya. Bahkan dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa salah satu sahabat yang bernama Sa’ad menyangka dirinya memiliki kelebihan duniawi dibandingkan sahabat-sahabat lain.

Rasulullah saw. pun menegur dan menasihatinya berdasarkan HR Bukhari, “Kalian hanyalah mendapatkan pertolongan dan rezeki dengan sebab adanya orang-orang lemah dari kalangan kalian.” Ya, orang-orang miskin adalah penyeimbang orang-orang kaya. Dalam Islam, semua insan setara di hadapan Allah Swt., yang membedakan adalah kadar ketakwaannya. Itu pun hanya Allah Swt. saja yang mengetahui hakikat hati orang per orang.

Semuanya dimulai dari tahun 2019 akhir saat Ust. Rendy Saputra (suami Bu Anna) membuat Gerakan Berkah Box (menyediakan makanan berupa box) yang sasarannya adalah masjid, mushala, pondok pesantren, dan sejenisnya. Gerakan ini dimulai di Kalimantan, loh ya, jauh dari ibukota. Perkembangan Berkah Box terbilang pesat karena bersamaan dengan wabah pandemi yang menyerang Indonesia di awal 2020.

Syaamil Group

SEJARAH BALAI SAJI

Hingga akhirnya berdirilah Masjid Berkah Box yang letaknya di ujung hutan karet, daerah sepi, tetapi kemudian sekarang menjadi ramai karena kegiatan yang begitu masif. Meski begitu, sasaran di luar masjid dan seterusnya seperti di pemukiman, terminal, dan tempat-tempat umum lainnya belum terjangkau. Atas dasar itulah Bu Anna mulai mendirikan Balai Saji pada awal 2021 untuk menjangkau tempat-tempat tersebut.

Balai Saji | Prasmanan Gratis | Semua Boleh Makan

Dimulai dari Balikpapan hingga akhirnya menyebar tidak hanya di Kalimantan, tetapi juga sampai ke Sulawesi, Jakarta, dan akhirnya Bandung. Balai Saji Antapani Bandung adalah cabang ke-17 yang bekerjasama dengan Syaamil Group (Penerbit Al-Quran Terbaik), resmi dibuka pada hari Kamis, 23 Desember 2021. Meski perkembangannya begitu pesat tapi perlu digarisbawahi bahwa Balai Saji bukan franchise, melainkan menggunakan manajemen internal yang dikerjakan secara profesional.

Konsep tagline-nya pun sederhanya, yaitu #SemuaBolehMakan #SemuaBolehBungkusBawaPulang dan #IndonesiaMustahilLapar yang esensinya diambil dari HR. Thabrani, “Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain.” Masya Allah.

Bu Anna memiliki latar belakang seorang data analyst yang pernah bekerja di dunia perbankan, oil and gas, dan bidang manajemen. Bahkan sempat berkarir di Qatar selama 8 tahun namun akhirnya memilih jalan untuk hijrah dan menjalankan media dakwah kemanusiaan. “Jadi, Balai Saji ini menjadi media dakwah kemanusiaan lewat ilmu yang saya miliki,” ujarnya. Pangan adalah kebutuhan semua orang dan Bu Anna merasa harus bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan pangan orang-orang yang sedang lewat tetapi harus berhemat.

Syaamil Group

BALAI SAJI ANTAPANI BANDUNG

Rencananya, untuk cabang ke-17 ini, Balai Saji akan menyediakan 200 porsi setiap harinya dan akan dilebihkan menjadi 250 porsi khusus untuk hari Jumat. Jam operasionalnya sendiri dimulai dari pukul 11:00 hingga pukul 14:00 WIB, hanya saja makanan sudah habis pada pukul 12:30 atau 13:00. Hari Minggu/Ahad libur. Alhamdulillah niat baik selalu diikuti oleh kebaikan-kebaikan lainnya. Selama operasional, selalu saja ada donatur yang terus bersilaturahmi.

Balai Saji | Prasmanan Gratis | Riza Zacharias
Riza Zacharias, owner Syaamil Group, turut membantu Balai Saji

Bu Anna sadar bahwa tidak semua orang bisa mendatangi tempat-tempat makan gratis. Oleh karena itulah Balai Saji hadir dengan cara mendekat ke mereka dengan cara mengambil tempat dekat terminal dan jalan umum. Tentu akan ada banyak supir, driver ojol atau taksi online, pedagang kecil, tukang becak, atau bahwa warga sekitar yang membutuhkan makan siang. Setiap yang datang ke Balai Saji adalah tamu yang harus dimuliakan. Meski gratis, layanannya harus maksimal.

Kualitas tempat harus bersih, kualitas masakan harus enak dan bergizi, kualitas layanan pun harus penuh kehangatan, dan itulah mengapa manajamennya ditata dengan cara profesional. Meski sudah habis, kadangkala ada saja orang yang datang mengetuk pintu untuk meminta makanan, dan itu tidak boleh ditolak. Makanan tambahan bisa dibelikan ke warung sebelah atau dibuatkan mie instan. Dan alhamdulillah hubungan dengan para UMKM di sekitar Balai Saji terjalin dengan baik.

Syaamil Group

LOKASI DAN CARA BERDONASI

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Orang beriman yang miskin akan masuk surga sebelum orang-orang kaya, yaitu lebih dulu setengah hari yang (ukurannya) sama dengan lima ratus tahun.” (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi) ~ Riwayat lain menuturkan bahwa Nabi saw. bersabda, “Sesungguhnya, Allah menolong umat ini dengan sebab orang-orang lemah di antara mereka, yaitu dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka.” (HR An-Nasai)

Balai Saji | Prasmanan Gratis | Semua Boleh Makan

Balai Saji ke-17 berlokasi di Jalan Cibatu Raya Nomor 44, Antapani (dekat terminal Antapani) Kota Bandung. Balai Saji ini bekerjasama dengan Syaamil Group (Penerbit Al-Quran Terbaik) sehingga pada pukul 15:00 sampai 21:00 akan dibuka ruang edukasi yang berhubungan dengan Al-Qur’an dan Sirah Nabawiyah. Balai Saji berada di bawah Yayasan Balai Saji Indonesia siap menerima donasi melalui rekening Bank BSI (Bank Syariah Indonesia) No. 7727112717 an. Yayasan Balai Saji Indonesia dan lakukan konfirmasi melalui WA ke 0811-5413-339.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x