Mumtasz | Muhammad | Sang Teladan

Nabi Muhammad saw. sudah tidak diragukan lagi keberadaannya sebagai manusia teladan. Tidak hanya bagi umat Islam tetapi juga dunia. Bahkan, cendekiawan Barat Michael H. Hart, dalam buku “The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History” telah menempatkan Nabi Muhammad saw. pada urutan pertama, mengalahkan semua pembawa agama, ilmuwan, dan pemimpin manapun di dunia.

Padahal perlu digarisbawahi bahwa astrofisikawan asal Amerika Serikat itu adalah seorang Nasrani, seorang guru besar non-Muslim di Universitas Maryland AS. Ia menerangkan bahwa ada dua hal pokok yang mendasari mengapa ia menempatkan Nabi Muhammad saw. di urutan pertama. Pertama, beliau memiliki peranan penting bagi pengembangan Islam ketimbang Nabi Isa dengan Nasrani. Kedua, beliau bukan saja pemimpin agama tetapi pemimpin dunia.

Sebagai pemimpin dan manusia teladan bagi masyarakat dunia, sudah seharusnya umat Muslim mengetahui betul riwayat hidup Rasulullah saw. dari lahir hingga wafatnya. Umat Muslim harusnya sudah paham bagaimana sepak terjang beliau dalam menjalani hidupnya sebagai seorang manusia dan dalam berdakwah. Dan terkhusus anak-anak Muslim, meneladani Rasulullah saw. sudah bisa diterapkan dengan hanya memiliki Buku MUMTASZ.

Bismillahirrahmanirrahim, pada hari Selasa (25 Januari 2022) pukul 13:00 – 15:00 WIB, buku MUMTASZ atau Muhammad Teladan Sepanjang Zaman ini akan di-launching secara hybrid. Luringnya dilaksanakan di Ruang Hijaz Kantor Syaamil Group Lantai 2 dan daringnya dengan menggunakan aplikasi zoom dan YouTube live Sygma Daya Insani (SDI). Beberapa pembicara yang hadir adalah Benny T. Djajadi (CEO SDI) dan Halfino Berry A.D. (Ketua Tim Penulis).

MUMTASZ

BUKU MUMTASZ

Buku MUMTASZ yang diterbitkan oleh Syaamil Books dan didistribusikan oleh SDI ini bahkan direkomendasikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung berdasarkan Surat Rekomendasi No. 712-1/D/MUI-KB/IX/2021. Alasan utamanya adalah bahwa buku ini memberikan manfaat yang banyak untuk lebih mengenal dan mencintai Rasulullah saw. sehingga teladan beliau dapat ditiru dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku MUMTASZ terdiri atas 15 jilid buku utama (kronologi hidup Rasulullah saw.), 4 jilid buku pengayaan (sosok dan keteladanan Rasulullah saw.), dan 7 bonus pelengkap seperti Buku Saku Sirah, 24 Jam bersama Rasulullah saw., Ensiklopedia Sirah, Poster, Board Game Sirah, Aplikasi, dan Panduan Orang Tua. Terbilang sangat lengkap untuk buku sejenis yang sudah lebih dahulu beredar di masyarakat luas.

Halfino Berry, Ketua Tim Penulis MUMTASZ, menceritakan pengalamannya saat menggarap buku ini. Ia telah membayangkan mata-mata polos nan jernih anak-anak pewaris zaman yang menyusuri untaian kata demi kata buku ini, sehingga dapat dijadikan sebagai sarana yang mengantarkan mereka agar lebih mencintai Rasulullah saw. Menulis keagungan beliau adalah tantangan tertinggi bagi seorang penulis. Sangat tidak mudah, dan karena itulah dibutuhkan tim pendukung yang besar.

Buku MUMTASZ ini disusun oleh para Editor Ahli seperti Ust. Hepi Andi Bastoni, Ust. Dr. Miftah Faridl, Ust. Ardiansyah Ashri Husein, Lc. M.A., Ust. Dr. Tiar Anwar Bahtiar, Ust. Salim Fillah, Lc., dan Ust. Luqmanulhakim. Rujukan utama paket buku MUMTASZ ini pun tidak main-main, yaitu Kitab Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam dan Kitab Ar-Rahiqul Makhtum karya Syekh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Selain itu, juga ada 4 (empat) kitab rujukan pendukung lainnya yang jelas kontennya sudah sahih.

Pastinya, buku MUMTASZ ini dirancang untuk mengenalkan riwayat hidup (sirah) Rasulullah saw. secara lengkap, mulai dari masa kelahiran, perjuangan mendakwahkan Islam, hingga beliau wafat. Buku ini menyajikan kisah-kisah teladan dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak (target usia 7-14 tahun) dan dilengkapi ilustrasi yang menarik serta audio yang memudahkan pembaca memahami sirah Rasulullah saw. secara menyeluruh.

MUMTASZ

KEUNGGULAN MUMTASZ

Ada 6 (enam) keunggulan dari Buku MUMTASZ ini, yaitu 1) Memuat sejarah dan perjuangan Rasulullah saw. dari lahir hingga wafat secara lengkap; 2) Bahasa mudah dipahami; 3) Ilustrasi menarik dan penuh warna; 4) Dilengkapi audio kisah, wawasan sirah dan hikmah sirah melalui QR Code; 5) Dilengkapi komik sirah penuh warna; dan 6) Board Game sirah menjadi sarana bermain, sekaligus belajar bagi keluarga.

Ada 3 (tiga) manfaat bagi para pembaca, khususnya anak-anak, setelah membaca buku MUMTASZ. Pertama, mereka akan mengenal sosok Rasulullah saw. secara detail dari lahir hingga wafat. Kedua, mereka diajak untuk mempraktikkan nilai-nilai akhlak mulia yang dicontohkan Rasulullah saw. Ketiga, menjadi rujukan keluarga Muslim dalam membentuk akhlak mulia dan menanamkan nilai-nilai keteladanan.

Konsep utama Rasulullah saw. dalam mendidik anak itu ada 12 (duabelas), yaitu memberikan contoh, mencari waktu yang tepat untuk memberi rasihat, adil kepada semua anak, memenuhi hak anak, mendoakan, membelikan mainan, membantu anak untuk berbakti dan taat, tidak suka marah dan mencela, adil pada semua anak, berdialog dengan jelas dan lugas, tanya-jawab, dan melatih anak dengan beraktivitas.

Sebagai penutup, pendidikan bagi anak itu tidak ada istilah berhenti. Selalu berkesinambungan dari usia dini hingga mereka beranjak dewasa dan kemudian memisahkan diri. Rasulullah saw. sendiri memberikan pengalamannya bahwa ada tiga waktu mendasar dalam mengarahkan anak agar mereka mau mendengar dan meresapinya, yaitu dalam perjalanan, waktu makan, dan waktu anak sakit.

Selain buku MUMTASZ, SDI juga memiliki produk-produk lain yang semuanya bermanfaat untuk pendidikan anak-anak di rumah. Beberapa diantaranya adalah Buku Pintar Iman & Islam (BPII) yang terdiri atas 12 jilid, Rasulullah Teladan Utama Plus (RATU Plus), Balita Berakhlak Mulia (BBM), 64 Sahabat Teladan Utama (64 STU), dan 24 Nabi Dan Rasul Teladan Utama (24NR). Untuk lebih lengkapnya sila membuka situs resminya di http://www.sdi.id/.[]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x