Rachman Ridhatullah | ICS 2022 | Islamic Community Summit 2022

“Insya Allah berkumpulnya hari ini akan menjadi tonggak bagi sahabat komunitas semua untuk menambah semangat dalam mengembangkan program-program kebaikan demi umat. Sahabat komunitas yang berbahagia, selamat datang di Islamic Community Summit 2022. Ini adalah event pertama kita untuk pertemuan para Komunitas Muslim se-Indonesia,” ujar M. Kh. Rachman Ridhatullah dalam sambutannya di acara Islamic Community Summit 2022 yang mewakili Direksi Syaamil Group.

“Selamat menjadi bagian dari sejarah untuk bisa lebih mengembangkan program-program kebermanfaatan, kemaslahatan, dan kebaikan bagi umat,” lanjutnya. “Total ada 168 peserta dari 165 komunitas. Insya Allah ICS 2022 akan menjadi acara tahunan dan menjadi hajat para pejuang komunitas. Terima kasih kepada semua sponsor yang telah mendukung acara ini, khususnya CIMB Niaga Syariah, Pupuk Indonesia, AmalSholehDotCom, dan seterusnya.”

“Ada dua alasan mengapa Syaamil Group mengadakan event ini. Pertama, kita melihat keberadaan komunitas sudah sangat strategis untuk kepentingan pembangunan maupun bisnis, karena itu peran komunitas itu harus dikolaborasikan atau diamplifikasi agar program-program kebaikan dan kebermanfaatannya memiliki syiar dakwah yang lebih besar lagi. Dari komunitas yang hadir pada hari ini saja ada 48 jenis komunitas yang kalau disinergikan insya Allah akan menghasilkan sebuah momentum yang luar biasa besar.”

Kedua, meski pertumbuhan komunitas begitu baik tetapi kenyataaan dalam hal pengelolaannya masih memiliki keterbatasan. Ada kesenjangan antara satu komunitas dengan komunitas lainnya, misalnya dalam hal manajemen organisasi, penyusunan program kegiatan, dan juga pembiayaan. Semoga dengan adanya ICS 2022, masing-masing komunitas bisa melapisi dan menguatkan. Tujuannya adalah Enlightening (menyamakan cara pandang dalam melihat komunitas yang lebih strategis) dan Empowering (saling bersinergi dan berkolaborasi),” tutup Pak Rachman.

Riza Zacharias | ICS 2022 | Islamic Community Summit 2022

Sedangkan dalam closing speech di malam harinya, Riza Zacharias (Chairman Syaamil Group) mengatakan bahwa beliau sangat berbahagia sekali pada malam ini karena teringat dengan ucapan Nabi Muhammad saw. yang sudah pasti benar. “Bahwa kita semua berkumpul di sini atas dasar niat silaturahmi yang akan memperpanjang umur dan membuka pintu rezeki. Berkumpulnya kita semua di sini karena Allah Swt. sudah mengizinkan kita untuk saling bertemu dan berdiskusi,” lanjutnya penuh dengan semangat.

“Kedua, Rasulullah saw. itu template-nya selalu bersama-sama, apakah bersama keluarganya atau bersama sahabat-sahabatnya. Sangat jarang sendirian kecuali sebelum periode kenabian, yaitu saat menunggu datangnya wahyu Allah Swt. Ini bukan kebetulan. Beliau adalah teladan bagi kita semua. Ingatlah pada fabel bahwa srigala itu akan menerkam atau memangsa domba yang sedang sendirian.”

“Ketiga, amanah kita sebagai pengurus komunitas jelas nantinya akan dimintai pertanggungjawabannya. Kewenangan yang dititipkan di pundak kita sekarang, pada masa periode yang bisa jadi hanya sebentar ini, mari kita maksimalkan dengan program-program kebaikan yang membawa anggota-anggotanya terlindungi dari api neraka. Ku anfusakum wa ahlikum naaro. Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.”

“Keempat, sudah banyak contoh bahwa Berjamaah Lebih Kuat. Lihatlah ibadah shalat yang nilai pahala berjamaahnya itu 27 derajat lebih tinggi daripada shalat sendiri. Shalat itu sudah diatur sedemikian rupa dengan adanya satu imam dan jamaah yang bersatu mengikuti imam. Sumbernya pun jelas, yaitu Al-Quran yang sudah pasti benar dan Sunnah yang juga sudah pasti benar.”

“Sahabat komunitas sekalian, apa yang kita lakukan saat ini adalah bagian kecil dari perjuangan kita. Kita semua adalah hamba-hamba Allah Swt. yang sudah dipilih untuk berbuat apa dan mau ke mana. Masing-masing komunitas menjahit satu pola tertentu dan jika semuanya disatukan hasilnya, bisa jadi akan menghasilkan karya yang lebih hebat dari yang tidak pernah kita bayangkan.”

“Iblis laknatullah saja mengumpulkan kekuatannya hingga Hari Kiamat dengan cara menggoda manusia dari empat arah mata angin. Kita bagaimana? Mari sama-sama bekerjasama untuk melawan kekuatan iblis itu. Silaturahmi ini adalah langkah pertama dengan harapan mendapatkan ridha dan cinta dari Allah Swt. Semoga kita semua nantinya bisa menjadi tetangga di surga nanti. Amin.”[]

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x