Mushaf Tikrar | Syaamil Quran | Petah Manis

Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Banjar yang ke-72, Bupati Banjar H. Saidi Mansyur resmi meluncurkan program Petah Manis secara hybrid di dua lokasi, yaitu di Taman Cahaya Bumi Selamat dan Aula Disdik Banjar. Total peserta yang menghadiri acara adalah 2.500 orang. Di Aula Disdik Banjar juga diadakan pelatihan menghafal Al-Quran metode Tikrar.

Selasa, 26 Juli 2022, sebelum acara utama pelatihan menghafal Al-Quran metode Tikrar, acara dibuka oleh MC dan pembacaan doa oleh Abah Dikdik Kurniadi (Syaamil Quran). Kepala Bidang PSMP (Hj. Taslam Muzakiah) menyampaikan ucapan terima kasih kepada MKKS, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Rumah Syamil Qur’an. “Mereka sudah bersama-sama bekerja memikirkan dan membuat inovasi.”

“Ini akan memberikan dampak luar biasa bagi daerah kita, khususnya dunia pendidikan di Kabupaten Banjar. Kegiatan ini perlu untuk meningkatkan kegiatan baca tulis Al-Qur’an dan juga kegiatan tahfidznya. Di akhir pendidikannya, peserta didik akan memiliki kemampuan baca tulis Al-Qur’an serta wajib untuk khatam Al-Qur’an dan menghafal beberapa surah,” lanjutnya.

Akhirnya Ustadz Muhammad Nur Hidayat, seorang professional trainer Tikrar dan trainer irama Qur’an nasional, memberikan pelatihan bagaimana cara menghafal Al-Qur’an yang mudah dan cepat, yaitu dengan metode Tikrar. Syaamil Group melalui Syaamil Qur’an telah mengeluarkan salah satu produknya yaitu Mushaf Tikrar yang kini bisa dibeli secara online atau langsung.

Mushaf Tikrar | Syaamil Quran | Petah Manis

Metode Tikrar adalah sistem menghafal Al-Qur’an sistematis yang terus terjaga dari zaman para sahabat Rasulullah saw. sampai sekarang, yakni dengan cara mengulang-ngulang bacaan. Metodenya sendiri sangat mudah diterapkan, karena cukup ingat 3D (Dibaca, Dilihat, Diulang-ulang 40 kali). Nah,
di dalam Mushaf Tikrar terdapat Maqro’ dan Maqto’.

Maqro’ adalah pembagian blok warna yang terdiri dari beberapa ayat. Pada setiap satu halaman mushaf terdapat 4 (empat) Maqro’. Sedangkan Maqto’ adalah bagian daripada Maqro’, dimana setiap 1 Maqro’ terdiri dari 2 Maqto’. Jadi dalam 1 halaman mushaf terdapat 8 Maqto’. Pada setiap halaman juga disediakan beberapa kotak-kotal kecil untuk menandai sudah berapa banyak membacanya.

Inilah bukti bahwa Rumah Syaamil Quran atau RSQ RBKyf dan RSQ Toyyib Marhaban sebagai Mitra Keluarga Syaamil telah berhasil dan sukses mensyiarkan Al-Qur’an di Kab. Banjar. “Ini akan memberikan dampak luar biasa bagi dunia pendidikan kita. Diharapkan peserta didik akan memiliki kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan menghafal beberapa surah,” ujar Hj. Taslam Muzakiah, Kabid PSMP.[]

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x